5 Pemain Nomor 7 Manchester United Paling Terkenal Sepanjang Masa

Bagi kebanyakan klub sepakbola dunia, nomor punggung 10 bakal dijadikan ikon tersendiri yang bisa juga dikeramatkan. Tidak semua orang layak menggunakan nomor tersebut di klub. Namun berbeda dengan apa yang ada di kubu Manchester United. The Red Devils justru memiliki nomor lain yang dikeramatkan, yakni 7. Tidak sembarang pemain bisa mengenakan jersey bernomor 7. Sejak zaman dulu, pemakai nomor tersebut adalah jajaran pemain hebat kelas dunia.

Bahkan salah satu di antaranya mampu membangkitkan kejayaan United dari keterpurukan selama 26 tahun. Kedatangan Angel Di Maria baru-baru ini menambah daftar panjang pemain hebat yang mengenakan nomor jersey 7. Lantas siapa saja para pemain yang beruntung menggunakan nomor punggung 7 di United?

Berikut adalah 5 Pemain Nomor 7 Manchester United Paling Terkenal Sepanjang Masa :


1. George Best

Pemain Nomor 7 Manchester United


Pemain top Manchester United kala itu yang menggunakan nomor punggung 7 adalah George Best. Best merupakan pemain pertama yang mengenakan nomor ajaib tersebut di tim Setan Merah. Pria berkebangsaan Irlandia Utara menjelma sebagai orang yang sangat luar biasa. Banyak orang menganggap Best adalah pesepakbola dengan bakat alami paling mengagumkan yang telah ditelurkan Britania.

Bicara soal kecepatan, keseimbangan, kontrol bola, dan kelincahan tak perlu diragukan lagi. Bersama United, pria kelahiran 22 Mei 1946 ini telah mencatat 470 penampilan dan 179 gol. Dia berposisi sebagai penyerang. Sementara gelar individu yang pernah diraihnya adalah Ballon d'Or pada tahun 1968.


2. Bryan Robson

Pemain Nomor 7 Manchester United

Pada bulan Oktober 1981, Manchester United berhasil memecahkan rekor transfer Setan Merah dengan memboyong Bryan Robson dari West Bromwich. Robbo, julukan Robson kala itu dipercaya untuk menggunakan nomor punggung 7 di United. Stamina, motivasi, umpan umpan akurat, tackling yang agresif, ditambah tembakan dan sundulan yang terarah, merupakan senjata Robson yang membuatnya menjadi pemain yang seimbang dalam bertahan maupun menyerang.

Membuat banyak orang beranggapan United saat itu merupakan One Man Team. Pemain yang lahir pada 11 Januari 1957 ini bermain bersama The Red Devils selama 13 tahun dan mencatat penampilan sebanyak 461 kali serta 89 gol.


3. Eric Cantona

Pemain Nomor 7 Manchester United

Tak dipungkiri, sosok Eric Cantona memang menjadi legenda Manchester United saat dia berhasil membawa cahaya terang Setan Merah dari liang kehancuran. Betapa tidak, saat Cantona menginjakkan kaki di Old Trafford, United sudah puasa gelar EPL selama 26 tahun. Terbukti hanya butuh 6 bulan saja, trofi juara Premier League sudah menghiasi almari piala Old Trafford. Bukan hanya kebetulan, usai itu rentetan gelar lain mengikuti kesuksesan The Red Devils selanjutnya.

Adalah 2 kali Double Winner (Juara Liga dan Piala FA) pada tahun 1994 dan 1996, plus satu gelar liga di tahun 1997 juga ikut dibawanya ke Museum Trofi United. Pria kelahiran 24 Mei 1966 ini sayangnya pernah diskorsing selama 9 bulan setelah melakukan tendangan kungfu pada supporter Crystal Palace. Namun tetap saja, nama Cantona menjadi legenda United hingga sekarang. Dia dijuluki Eric The King Cantona.


4. David Beckham

Pemain Nomor 7 Manchester United

Selanjutnya adalah David Robert Joseph Beckham. Pemain keempat yang menggunakan jersey bernomor punggung 7 di Manchester United. Nama Beckham menjadi pusat perhatian publik Inggris kala berhasil mencetak gol dari jarak 52 meter ke gawang Wimbledon pada pertandingan pertama di musim 1996/97. Kontan saja, Beckham yang kala itu masih berumur 21 tahun langsung jadi buah bibir.Kepiawaiannya dalam melakukan tendangan bebas menjadi ciri khasnya hingga dia pensiun.

Pria kelahiran 2 Mei 1975 ini memperkuat Setan Merah selama 12 tahun. Suami dari pop star Victoria ini mencatat penampilan sebanyak 394 kali dan mengoleksi 85 gol. Bersama United, Beckham juga meraih penghargaan individu, seperti PFA Young Player of the Year(1997), FIFA World Cup All Star Team(1998), Runner Up FIFA World Player of the Year(1999, 2001), UEFA Club Player of the Year(1999), BBC Sport Personality of the Year(2001).


5. Cristiano Ronaldo

Pemain Nomor 7 Manchester United

Berawal dari laga pramusim 2003/04, Manchester United yang menyandang predikat sebagai juara Premier League justru dibuat kalang kabut saat meladeni Sporting Lisbon. Tak dipungkiri, aktor utamanya adalah remaja berusia 18 tahun bernama Cristiano Ronaldo. Hal tersebut membuat Sir Alex Ferguson sebagai pelatih United tertarik untuk memboyong Ronaldo ke Old Trafford dengan bandero 12,24 juta pounds.Angka yang cukup fantastis dengan melihat usia yang masih sangat muda. Namun Ronaldo membungkam keraguan publik dengan aksinya yang luar biasa.

Kecepatan, kelincahan, akurasi tendangan, serta skill dribbling yang luar biasa menjadi daya magis tersendiri bagi Ronaldo. Bergabung dengan United, Ronaldo langsung dipercaya mewarisi nomor punggung 7 warisan David Beckham yang hijrah ke Real Madrid. Puncak karirnya bersama Setan Merah dibuktikannya pada musim 2007/08, saat Ronaldo mempersembahkan gelar juara Liga Champions sekaligus memenangkan trofi Liga Inggris.




Sumber : merdeka.com

Sponsored Links
loading...

Blog Archive