Ini dia 6 Jenis Buah untuk Pendamping ASI! Ibu Ibu Harus Tau Ini!

Menurut ahli gizi, semua buah memiliki manfaat yang bagus untuk bayi. Hanya saja, sebaiknya kenalkan buah yang memiliki tekstur lembut dan dapat dihaluskan terlebih dulu.

Hal itu menurut Ir. Hindah J. Muaris, pemerhati kulinologi, karena pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan, berikan juga buah yang terasa manis terlebih dulu.
Pantau dalam waktu satu minggu apakah bayi tidak mengalami masalah pencernaan (ditandai dengan BAB yang normal, tidak mulas).


Kalau ya, maka buah yang sama dapat diberikan kembali.

Berikut adalah 6 jenis buah yang baik untuk MPASI pada pemberian tahap awal:

1. Pisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan. Penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut, kemudian sajikan pada bayi. Pisang juga dapat dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi bosan.

2. Pepaya

Kandungan yang dimiliki pepaya seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A sangat baik untuk bayi. Mama dapat memperkenalkan pepaya dengan cara mengeruk dagingnya seperti halnya pisang, lalu disajikan pada bayi.

3. Jeruk

Mama tidak perlu khawatir pada rasa asam jeruk karena kandungan gizi jeruk sangat bagus yaitu kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Mama dapat memilih jeruk yang memiliki rasa manis. Dalam penyajiannya, Mama dapat membelahnya kemudian peras hingga airnya yang diberikan pada bayi. Pemberian secara langsung (irisan buah jeruk) belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

4. Tomat

Tomat termasuk buah pertama yang baik untuk MPASI. Kandungan yang dimiliki tomat antara lain kalsium, natrium, serat, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Mama dapat memperkenalkan buah tomat sebagai campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda. Jadikan tomat sebagai pelengkap atau saus yang disajikan bersama bubur nasi ayam.

5. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan bayi. Sajikan dengan cara memotong kecil-kecil buah pir kemudian kukus sampai lunak. Jadikan sebagai finger food bagi si bayi.

6. Apel

Kandungan gizi di dalam buah apel yaitu kalium, fostor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C. Saran penyajian, kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu kukus sampai lunak, lalu lumatkan dengan sendok atau blender. Sajikan dalam bentuk pure. Bisa juga dijadikan finger food tanpa perlu dilumat lagi.

Ternyata cukup banyak buah yang baik untuk MPASI. Mudah pula mencarinya, sehingga si kecil mendapatkan variasi menu yang cukup.
Sponsored Links
loading...

Blog Archive