Luar Biasa! Warga Petungulung-Margopatut Nganjuk Menggelar Upacara 17 Agustus di Tengah Sungai

Luar Biasa! Warga Petungulung-Margopatut Menggelar Upacara 17 Agustus di Tengah Sungai

Meskipun dilakukan di atas sungai, namun ratusan warga Dusun Petungulung, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur tetap bisa mengikuti upacara 17 Agustus dengan khidmat (matakamera/ foto : nyamatjaya via IG/Susanto)
matakamera, Nganjuk - Sepanjang hari Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016, masyarakat Kabupaten Nganjuk baik di pusat kota maupun pedesaan ramai-ramai melakukan kegiatan upacara bendera. Tidak terkecuali warga di Dusun Petungulung, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan. Uniknya, ratusan warga dan perangkat desa setempat memilih lokasi upacara yang tidak lazim, yaitu di bantaran dan tengah sungai aliran sumber air Gunung Wilis, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Pemilihan lokasi di tengah sungai bukan tanpa alasan. Selain tujuan utama untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan republik ini, panitia upacara juga ingin mengajak seluruh lapisan warga Petungulung untuk lebih mencintai lingkungan hidup di sekitar yang sudah memberi mereka banyak manfaat. Terutama dalam beberapa bulan terakhir, ketika warga dan aktivitis Petungulung sukses mengembangkan Sekolah Rakyat dan wahana wisata air yang berbasis di sekitar sungai. "Karena sungai ini mendatangkan banyak berkah untuk warga sekitar," ujar Susanto, aktivis lingkungan dan pertanian Nganjuk yang berada di lokasi saat upacara berlangsung.

Susanto melaporkan, suasana upacara bendera itu tidak kalah khidmat dengan upacara serupa yang berlangsung di lapangan maupun di halaman kantor. Para peserta terdiri dari karang taruna, kelompok tani, relawan Sekolah Rakyat, ibu rumah tangga dan kelompok usaha, hingga kelompok unit kesehatan yang ada di Desa Margopatut. Mereka tetap bisa berbaris rapi meskipun berdiri di tanah yang tidak datar, dan sebagian kaki harus berbasah-basahan di dalam sungai. "Justru upacara semacam ini yang menurut saya lebih berkesan dan mendalam maknaya. Salut!" ungkap Susanto.(ab)

Sumber  : http://www.matakamera.net/
Sponsored Links
loading...

Blog Archive