Inilah Alasan Mengapa Tidur Dengan Posisi Miring Kekanan Dapat Membahayakan Diri Anda ..!

Posisi Anda saat tidur, biasanya tergantung pada kenyamanan Anda, bukan? Namun, ada posisi yang dianjurkan oleh para ahli jika berhubungan dengan masalah kesehatan.

Ada sebagian orang yang menyarankan untuk tidur dalam keadaan terlentang. Tetapi yang terpenting adalah, jangan sampai Anda tidur miring ke kanan. Ada beberapa alasan mengapa Anda dianjurkan untuk tidak tidur di sisi kanan Anda.

Jika Anda lebih menyukai sisi ini, mungkin sudah saatnya untuk mengubah kebiasaan buruk ini, karena hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti berikut ini.

Bagi ibu hamil.

Meskipun ada kalanya Anda tidak sadar untuk mengontrol posisi Anda saat tidur, dokter menyarankan pada ibu hamil untuk menghindari tidur miring ke kanan. Ada beberapa alasan yang mendasarinya:

  • Akan mengurangi sirkulasi darah bayi di dalam kandungan.
  • Beberapa ahli percaya bahwa, tidur miring ke kanan buruk bagi plasenta, yang berperan besar untuk kesehatan bayi Anda.
  • Anda juga akan membatasi nutrisi bayi melalui makanan yang Anda konsumsi.
  • Karena Anda memiliki bobot yang tidak normal, tidur miring ke kanan dalam waktu yang lama dapat memberikan tekanan pada hati. Tentu, ini dapat merugikan kesehatan Anda.
  • Efek yang paling ditakuti jika tidur miring ke kanan adalah, hal tersebut dapat meningkatkan risiko bayi meninggal di dalam kandungan. Risiko ini menjadi berlipat ganda saat ibu memasuki usia kandungan semester akhir.

Untuk kesehatan Anda.

Bahkan jika Anda tidak sedang hamil, Anda juga harus mencoba untuk menghindari tidur di sisi kanan. Posisi tidur ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, di antaranya:

  • Mulas: Kebanyakan wanita hamil, sangat rentan terhadap mulas. Tetapi, bagi penderita maag, tidur miring ke kanan juga dapat memperburuk rasa sakit Anda.
  • Mati rasa: Jika Anda tidak terbiasa tidur di sisi kanan, atau bahkan di sisi kiri, saat Anda bangun, lengan Anda akan mati rasa atau mengalami kesemutan. Hal ini karena, Anda menempatkan sebagian besar berat badan Anda hanya pada satu lengan, yang mengakibatkan terbatasnya aliran darah. Selain itu, Anda juga telah melakukan penekanan pada saraf dan akan menyebabkan kesemutan. Hal ini mungkin akan membangunkan Anda di malam hari, dan kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan untuk bisa kembali tertidur. Kemungkinan terburuk, Anda akan mengalami insomnia.
  • Prakanker: Tidur miring ke kanan juga dapat menyebabkan kanker.

Tidur di sisi kanan, tidak sepenuhnya buruk, hal ini juga akan membuat jantung Anda menjadi lebih sehat dengan cara menurunkan denyut jantung serta tekanan darah Anda. Tetapi dengan catatan, Anda tidak sedang dalam keadaan hamil. 

Sponsored Links
loading...

Blog Archive